Sampingan

Bursa efek ata…

Bursa efek atau bursa saham adalah sebuah pasar yang berhubungan dengan pembelian dan penjualan efek perusahaan yang sudah terdaftar di bursa itu. Bursa efek tersebut, bersama-sama dengan pasar uang merupakan sumber utama permodalan eksternal bagi perusahaan dan pemerintah. 

1. EURONEXT

Euronext N.V. adalah sebuah bursa saham pan-Eropa dengan anak-anak perusahaan di  BelgiaPerancisBelandaPortugal, dan Britania Raya. Sebagai tambahan pasar ekuitas  dan derivatif, grup Euronext menyediakan jasa kliring dan informasi. Euronext dibentuk pada 22 September 2000 dalam sebuah penggabungan bursa Saham  Amsterdam, Brusel, dan  Paris, dalam rangka mengambil keuntungan dari harmonisasi pasar finansial Uni Eropa. Pada 2002 grup ini bergabung dengan bursasaham Portugal BVLP dan futures and options exchange yang berbasis di London LIFFE. Euronext liffe adalah anak perusahaan Euronext yang bertanggung jawab atas perdagangan  option dan kontrak masa depan, yang dibentuk oleh penggabungan aktivitas derivatif dari Euronext dengan LIFFE.

2. NASDAQ

,NASDAQ aslinya sebuah singkatan untuk National Association of Securities Dealers Automated Quotations, adalah sebuah bursa saham yang dioperasikan oleh National Association of Securities Dealers. Ketika memulai perdagangan pada 8 Februari 1971, NASDAQ merupakan bursa saham elektronik pertama di dunia.

Sejak 1999, ia adalah bursa saham terbesar di Amerika Serikat dengan lebih dari setengah jumlah perusahaan yang diperdagangkan di AS dicatat di sini. NASDAQ terdiri dari NASDAQ National Market dan NASDAQ SmallCap Market. Bursa utamanya terletak di Amerika Serikat, dengan cabang di Kanada dan Jepang. NASDAQ juga mempunyai asosiasi dengan bursa saham di Hong Kong dan Eropa.

Pada 17 Juli 1995 NASDAQ ditutup pada level di atas 1.000 poin untuk pertama kalinya. Puncaknya terjadi pada 10 Maret 2000, di mana indeks mencapai 5048,62 poin.

NASDAQ ditutup dari 11 hingga 14 September 2001 akibat terjadinya Serangan Teroris 11 September 2001

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s