Good Corporate Governance

Tata Kelola Perusahaan Yang Baik (Good Corporate Governance)

Pengelolaan perusahaan dilaksanakan dengan menerapkan prinsip-prinsip Tata Kelola Perusahaan yang baik (Good Corporate Governance)secara terencana dan berkelanjutan. Dalam menerapkan prinsip-prinsip GCG yang telah dirintis mulai tahun 2001, perusahaan telah beberapa kali memperoleh penghargaan dari pihak eksternal seperti dari kalangan Pemerintahan, otoritas Perbankan, Pasar Modal dan Keuangan. Pada tahun 2007 yang lalu memperoleh skor 81,79 dari lembaga pemeringkat The Indonesian Institute for Corporate Governance (IICG).
Adapun strategi yang diterapkan menerapkan prinsip-prinsip GCG dengan:
• Pembuatan Manual GCG.
• Pembentukan Komite-komite: Audit, Nominasi dan Remunerasi, Manajemen Risiko serta Komite Kebijakan Corporate Governance.
• Menunjuk lembaga Audit Eksternal untuk melakukan audit di perusahaan disamping Internal Auditor.
• Pemberian informasi Corporate Action secara terkini kepada publik.

Landasan Penerapan GCG
pelaksanaan GCG, perusahaan menggunakan prinsip-prinsip yang diperkenalkan oleh Organization for Economic Co-Operation and Development (OECD), Komite Nasional GCG (KN-GCG) dan The Indonesian Institute for Corporate Governance (IICG), serta Keputusan Menteri Negara BUMN No. 117/M-MBU/2002, tanggal 1 Agustus 2002. Prinsip-prinsip tersebut adalah transparency, accountability, responsibility, independency dan fairness. Perusahaan menjabarkan prinsip-prinsip GCG untuk pelaksanaan lebih lanjut dengan menggunakan Manual GCG dan Board Manual.
Struktur Tata Kelola
Perusahaan memiliki struktur tata kelola yang terdiri:
• Rapat Umum Pemegang Saham
• Dewan Komisaris
• Direksi
• Komite-komite
Nilai-nilai Perusahaan
Dalam upaya mencapai Visi dan Misi yang ditetapkan, perusahaan telah menyusun Strategi Korporasi 2008-2013 yang berdasar strategi Growing from the Core. Sedangkan untuk merealisasikannya, perusahaan menyusun ADHI Value yang menunjang semangat dalam menuju Great Infrastructure Enterprise. Value atau nilai-nilai yang dikembangkan berlandaskan pada kekuatan nama “ADHI” yang memiliki nilai:

A = Advanced, berarti menjadi maju dan terdepan dalam pikiran (mind), perasaan
(heart) dan jiwa/spiritual (spirit)
D = Determined, berarti tegas, berkemauan keras, teguh, fokus dan konsisten
dalam menghasilkan Quality, Cost, and Delivery (QCD), menjunjung tinggi
nilai-nilai Health, Safety, and Environment (HSE) dan memegang prinsip nilai-
nilai tata kelola perusahaan.
H = Humane, berarti memiliki kepedulian dan empati dalam menjalankan operasi
perusahaan dengan menjaga lingkungan hidup sekitar (preserving
environment), berkomitmen mendukung upaya pengembangan komunitas
(supporting community development) dan memelihara kelangsungan hidup
dunia (promoting sustainable world).
I = Inspiring, maksudnya memberikan inspirasi kepada rekan sejawat,
pelanggan, dan pemegang saham (inspiring to the people, customer and
shareholder)
Nilai-nilai ADHI dijabarkan lebih lanjut dalam bentuk perilaku yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Nilai-nilai ADHI telah disosialisasikan kepada karyawan yang tersebar di seluruh Unit Kerja Perusahaan.

Tinggalkan komentar