Tujuh Langkah Menuju Sukses

Tujuh Langkah Menuju Sukses

Sukses merupakan dambaan bagi setiap orang, tetapi banyak banyak cara untuk meraih kesuksesan tersebut. Ada 7 (tujuh) langkah kesuksesan yang bisa menghantarkan banyak orang menuju kesuksesan mereka.
Apa saja ketujuh langkah tersebut ?
1) Mulailah dengan hal-hal yang kecil, mudah, dan sederhana. Buatlah target-target kecil dan capailah target-target kecil tersebut. Jadikanlah kesuksesan sebagai hal yang biasa anda alami.
2) Tuliskanlah target-target yang ingin dicapai dalam jangka waktu satu atau dua tahun ke depan pada selembar kertas. Bila perlu, tempelkan kertas tersebut pada tempat yang sering anda lihat, misalnya pada cermin, pada pintu/dinding kamar, atau pada meja kerja anda.
Banyak orang gagal meraih kesuksesan karena mereka tidak memiliki target yang jelas dan fokus yang terarah. Janganlah anda mengulangi kesalahan yang sama. Dengan menuliskan target-target yang ingin anda raih pada selembar kertas, mau tidak mau anda akan dipaksa untuk memikirkan target-target apa saja yang ingin anda raih. Dengan menempelkannya pada tempat yang sering anda lihat, anda akan terus-menerus diingatkan pada target tersebut, sehingga anda juga akan lebih focus dalam upaya mencapainya. Dengan kata lain, langkah ini akan membantu anda menentukan target-target anda dan menjadi lebih focus dalam upaya mencapainya.
3) Milikilah figur seorang “pahlawan” yang anda anggap hebat. Misalnya, seorang yang memiliki semangat dan prestasi kerja luar biasa, seorang yang telah sukses dalam pekerjaan dan kehidupannya, atau seorang yang memiliki kehebatan-kehebatan tertentu. Kemudian pelajarilah kehidupannya, apa saja kesenangannya, apa saja kebiasaannya, bagaimana dia bekerja, bagaimana dia mengatur waktu, bagaimana dia memimpin, dan sebagainya.

4) Tetaplah berpikir realistis. Memiliki mimpi-mimpi besar merupakan sesuatu yang baik. Dengan memiliki mimpi-mimpi yang besar anda akan terus dimotifasi untuk bekerja lebih giat dan lebih baik. Walaupun demikian, tetaplah berpikir realistis.

5) Belajarlah dari orang-orang yang sudah berpengalaman. Tanyakan kepada mereka bagaimana mereka dapat meraih kesuksesan mereka. Bila perlu, mintalah mereka menjadi mentor anda. Asalkan anda memintanya dengan baik, tentu mereka akan dengan senang hati membimbing anda.

6) Berusahalah untuk senantiasa berpikir positif. Jangan terlalu mudah berpikir negatif dan mengeluh. Pikiran positif (positive thinking) akan selalu membawa dampak yang jauh lebih baik bagi pencapaian kesuksesan anda dari pada pikiran negatif (negative thinking). Dengan selalu berpikir positif anda akan mampu menghadapi setiap permasalahan yang ada dan mencapai kesuksesan yang anda impikan.

7) lakukanlah “bench marking” secara berkala. Cobalah untuk membandingkan diri anda dengan orang lain. Misalnya, bila anda memiliki teman yang bergerak di bidang pekerjaan yang sama dengan anda, cobalah membuat perbandingan antara apa yang biasa dia lakukan dengan apa yang biasa anda lakukan, antara caranya memprospek klien dengan cara anda memprospek klien, antara tingkat penghasilannya dengan tingkat penghasilan anda, dan sebagainya. Kemudian lakukan evaluasi. Lakukanlah itu secara berkala. Dengan demikian efisiensi dan efektivitas kerja anda akan terus meningkat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s